Minggu, 15 November 2009

Hutan kita yang hilang


HUTAN KITA YANG HILANG

            Banyak musibah bencana alam yang terjadi di Tanah Air kita ini. Puluhan warga menjadi korban bencana alam. Salah satu bencana alam yang terjadi yaitu banjir dan tanah longsor. Terjadinya banjir dan tanah longsor itu diakibatkan dari hutan-hutan yang ”digunduli” dan sampah-sampah yang dibuang sembarangan. Sepertinya kita harus tahu fungsi dari hutan tersebut. Seharusnya para penebang hutan itu tidak seenaknya menebang hutan sembarangan demi kepentingan pribadi. Hutan mempunyai banyak fungsi salah satunya yaitu menyerap air hujan agar mencegah banjir di daerah perkotaan yang terdapat banyak gedung-gedung bertingkat. Banyak kerugian yang  terjadi akibat penebangan liar. Manusia, hewan bahkan semua makhluk hidup butuh hutan karena mempunyai banyak manfaaat.

          "Angka penurunan hutan yang kini dinyatakan mencapai 1,6-1,8 juta hektar pertahun sangat mungkin meningkat cepat dalam lima tahun mendatang", Transtoto Handari pengamat ekonomi kehutanan memprediksi pengamat ekonomi kehutanan memprediksi. Bahkan, bank dunia telah memperkirakan bahwa seluruh hutan alami di sumatera akan hilang pada tahun 2005 - 2010 dan di kalimantan pada tahun 2010 - 2015. Penegakan hukum yang selama ini menjadi titik lemah pengamanan hutan harus diprioritaskan secara sungguh-sungguh. Integritas moral dalam menjaga kekayaan alam hutan harus mampu ditumbuhkan secara sendiri disetiap aparat kehutaan ataupun pihak-pihak yang terkait seperti pengusaha perkayuan dan masyarakat.
          Hal yang tidak boleh dilupakan, tanggung jawab pelestarian pemanfaatan SDH (Sumber Daya Hutan) ini bukan hanya berada dipundak departemen kehutanan, melainkan kini justru merupakan tugas utama pemerintah daerah dengan seluruh aparatnya. Menurut Transtoto, kekayaan SDH yang sangat melimpah seharusnya dapat digunakan sebagai modal kesejahteraan dalam pembangunan nasional dan regional.



Dikutip dari ”google-detik.com”.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
apa yang ada di diri saya bukanlah apa-apa... nothing special... karna smua ini bukanlah milik saya..