Selasa, 09 Maret 2010

Paragraf Deduktif


Metode deduktif:
Metode berpikir deduktif adalah metode berpikir yang menerapkan hal-hal yang umum terlebih dahulu untuk seterusnya dihubungkan dalam bagian-bagiannya yang khusus. Kalimat utama di awal dan diikuti kalimat penjelas.

ciri - ciri paragraf deduktif:

paragraf deduktif
=>adalah paragraf yang ide pokok atau kalimat utamanya
terletak di awal paragraf dan selanjutnya di ikuti oleh
kalimat kalimat penjelas untuk mendukung kalimat utama.
=>tekhniknya yaitu umum-khusus

Contoh: 
*Masyarakat Indonesia konsumtif (umum) dikarenakan adanya perubahan arti sebuah kesuksesan (khusus) dan kegiatan imitasi (khusus) dari media-media hiburan yang menampilkan gaya hidup konsumtif sebagai prestasi sosial dan penanda status sosial.
*Seiring berkembangnya teknologi  informasi, banyak orang dari berbagai kalangan yang sudah menggunakan laptop. Para pengguna laptop tersebut banyak yang memakai produksi luar dan ada pula yang lokal. Merk laptop  dari luar contohnya, toshiba, hp, acer, dell, asus, dsb. Sedangkan merk laptop yang lokal di antara lain adalah  zyrex, axioo, byon,dsb.
*Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla memandang demokrasi bukanlah sistem terbaik di dunia untuk membawa kemajuan maksimal bagi suatu bangsa. Menurutnya, justru apa pun sistem yang dianut bisa membawa kemajuan bagi suatu bangsa. Hanya ada beberapa negara di asia yang menganut demokrasi murni yaitu indonesia, india dan filiphina tetapi ketiga negara itu agak kacau kondisinya dan tidak terlalu maju.
tetapi saya ubah sedikit pada rangkaian kalimatnya sehingga bisa saya jadikan contoh sebagai kalimat deduktif.
*Lantai dasar pusat perbelanjaan Thamrin City, Jakarta, begitu meriah dihiasi beragam busana batik dari berbagai daerah (umum). Ada batik khas Yogyakarta, Solo, Pekalongan, Cirebon, serta Madura.
Contoh ini saya ambil dari salah satu paragraf di 'Koran Jakarta' tanggal 17 Februari 2010.

1 komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
apa yang ada di diri saya bukanlah apa-apa... nothing special... karna smua ini bukanlah milik saya..